Pengalaman Pertama Kali Naik Pesawat

Tiba-tiba teringat kenangan saat pertama kali naik pesawat, yang baru gw rasakan setelah menginjak bangku kuliah.

***

pes1

Gw belom pernah naik ANA kok. Ini gw foto waktu gw baru tiba di Bandara Haneda, Jepang

Sejak kecil gw sering diajak jalan-jalan sama ortu. Gw, adek, bokap dan nyokap gw biasanya traveling lewat jalur darat dan laut, which was naik bus dan kapal laut. Kami memang lebih sering bepergian ke Tanah Jawa yang mengharuskan naik kapal karena rumah kami ada di pulau yang berbeda.

Misalnya waktu usia gw memasuki sekitar 5 tahun, gw diajak pulang ke kampung bokap di Sulursari, Jawa Tengah. Saat itu kami roadtrip berdua naik bus dari Lampung, melewati pantura sampai Semarang, kemudian lanjut naik bus lagi melewati jalanan Grobogan yang kala itu sesuatu banget (maaf :”|) jeleknya, sampai akhirnya naik andong hingga depan rumah mbah.

Gw senang-senang aja roadtrip ratusan kilometer gitu naik bus. Gw selalu menikmati perjalanan panjang dengan bus atau mobil. Sampe awal-awal gw kuliah pun begitu. PP Lampung-Semarang, atau jalan-jalan sekeluarga pasti naik bus, entah itu juga diselingi kapal atau kereta.

Ga pernah yang namanya gw naik pesawat. Gw sendiri saat itu juga ga pernah merengek minta dibeliin tiket pesawat. Bisa dibolehin ngekos di luar pulau aja sudah syukur alhamdulillah. Hingga tiba saatnya gw mendapat kesempatan buat pertukaran pelajar di China.

***

pes2

Singapore Airlines di Bandara Changi, Singapura

Sekitar akhir tahun 2010, gw kepilih buat jadi salah satu ummm istilahnya exchange participant buat jadi volunteer di Dalian, China. Nah kalau sudah beda negara begini pastilah kudu naik pesawat kan, secara gw bukan pelaut yang sanggup berbulan-bulan naik kapal mengarungi samudera.

Buat persiapan biar ga kagok-kagok amat pertama kali naik pesawat langsung ke luar negeri, bokap gw pun menyarankan gw untuk menjajal rute Lampung-Semarang naik pesawat. Jeng…jeng… Sendirian…. jeng… jeng… (pakai nada creepy)

First thing first, gw kudu tau cara pesen tiket dong. Saat itu tiket diurusin sama mama. Kelar urusan tiket, saatnya berangkat tiba. Bokap gw jelasin kalau mau naik pesawat kudu check in dulu sesuai pesawatnya. Dan nasihat demi nasihat terucap, tapi ujungnya tetep dianterin sampe sama mama sampai ke konter check in. Saat itu nyokap boleh izin masuk sampai konter check in buat nemenin gw, sedangkan bokap di luar sama adek gw.

Kelar check in, dadah2 deh. Saatnya masuk ke pesawat. Pas mbak-mbaknya peragain alat keselamatan gw beneran perhatiin. Gw saat itu duduk di kursi window, katanya orang-orang sih di window enak bisa ngeliat pemandangan. Yaudah dari lepas landas sampe pemandangan ketutupan awan gw pantengin muluk itu jendela. Agak deg-degan juga saatnya lepas landas, tapi tetep aje ngeliat ke luar jendelaπŸ˜…. Maklum saudara-saudara saya sedang terkagum-kagum melihat Lampung dari ketinggian.

Baru setengah jalan, kok ada yang netes-netes di kepala gw. Ternyata AC nya agak bocor πŸ˜‚. Gw yang pemalu ini akhirnya manggil pramugari untuk memberitahukan hal itu, yang berujung gw dikasi sekotak tisu buat ganjel biar ga netes (kayaknya ya gw rada lupa), sama buat ngelap yang basah. Yaudah deh aman. Selebihnya perjalanan lancar sampai landing di bandara Semarang. Tisu dan kotaknya gw bawa pulang btw, buat kenang-kenangan. Lol.

Turun dari pesawat gw nyalain henpon dan ngabarin ke nyokap bokap kalau gw sudah tiba dengan selamat. Akhirnya gw berhasil naik pesawat dengan lancar nyeberang pulau πŸ˜‚.

***

Sampai sekarang gw masih demen naik bus, terutama Damri ya karena sering gw naikin buat Jakarta-Lampung. Tapi ya jangan jauh-jauh banget juga. Faktor U ga bisa bohong yhaa. Koyo mana koyo.

Tapi tapi gw seneng banget banget juga kalau ada kesempatan naik pesawat, apalagi kalau gratisan, apalagi kalau ke luar negeri 😁.

Sekian.

Leave a Reply

